Shopping Cart Shopping Cart      Login - Register
Kartini, Inspirasi Perempuan Indonesia
Category : Tips & Tricks
Monday   21 April 2014

IMG_0156

Di jaman yang sudah serba maju ini, mungkin kita perempuan tak begitu merasakan pentingnya perjuangan Raden Ajeng Kartini. Namun justru karena perjuangan Ibu Kartini inilah, aku, kamu, dan semua perempuan Indonesia bisa mendapatkan pendidikan dan memiliki karir. 

Di mana kamu hari ini? Sedang belajarkah di sekolah atau universitas, punya bisnis sendiri. Atau seorang professional, dokter, guru, politisi, motivator, fotografer,seniman, penulis atau desainer. Jadi perempuan Indonesia yang hidup di jaman ini beruntung sekali, makanya jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Hidup ini cuma sekali, harus digunakan sebaik-baiknya, syukur deh kalo bisa menginspirasi orang lain.
 
Ngomong-ngomong tentang sosok kreatif, tim Ayobaking terinspirasi dari seorang tokoh illustrasi Indonesia yang sudah terkenal sebagai the Father of Enlightment Indonesia, Wedha Abdul Rasyid. Beliau menciptakan Wedha Pop Art Portrait (WPAP), coba cek di (http://blog.talenthouse.com/2014/01/15/have-you-ever-heard-about-wpap-art/), sekarang ini punya komunitasnya sendiri di seluruh dunia.

Untuk memperingati hari Kartini tahun ini, tim Ayobaking membuat WPAP Ibu Kartini dengan cara kita sendiri, yaitu dengan fondant. Mau tau caranya? 
 
  • Pertama, kita siapkan gambar WPAP nya. Thank you to ihsanulhakim.deviantart.com untuk WPAP ibu Kartini nya.. Lalu kami print banyak kali.
  • Kedua, kelompokkan warna-warna yang sama dan beri tanda di salah satu gambar yang tadi.
  • Setelah selesai, potong-potong kertas sesuai bentuk setiap warna, simpan yang baik ya, potongan kecil bisa hilang..
 
Persiapan WPAP selesai, sekarang kita siapkan alat dan bahan baking kita. Tools ini yang kamu butuhkan:
  1. Fondant
  2. Pewarna makanan
  3. Tepung maizena
  4. Sifter glass
  5. Tatakan kue
  6. Turn table, terutama kalo kamu ngga kerja sendirian.
  7. Cutting mat
  8. Scalpel khusus makanan
  9. Cetakan kue Unique Sensation
  10. Fondant/Gum Paste tools set 12 pcs
  11. Flower former
  12. Kuas
  13. Edible Glue
  14. Fondant Smoother
  15. Fondant Rolling Pin
IMG_0144
Sudah siap? Yuk mulai
  1. Tutup alas cake dengan fondant warna putih, udah tau kan caranya? Lalu haluskan permukaannya dengan smoother.
  2. Ambil fondant secukupnya, lalu warnai sesuai dengan contoh WPAP yang tidak ditandai. Tips: Untuk warna monokrom seperti biru muda, sedang dan tua, ambil fondant secukupnya untuk semua area, lalu mulai beri sedikit pewarna. Setelah rata, simpan bagian yang paling muda, lalu beri pewarna lagi, dan seterusnya. Dengan begini bisa menghemat waktu dan tenaga ;) Jangan takut untuk mencoba mencampur warna, it’s fun!

IMG_0232 1


  1. Gilas fondant dengan rolling pin, lalu potong di atas cutting mat menggunakan scalpel. Taruh potongan kertas di atas fondant sebagai pola. Tips: Biarkan fondant agak mengeras selama satu jam agar lebih mudah dipotong dan lebih presisi.
  2. Susun potongan fondant di atas alas cake, dimulai dari potongan paling dalam ke arah luar. Setelah selesai, kuaskan edible glue pada bagian bawah masing-masing potongan dan rekatkan.
  3. Sedikit improvisasi, rangkaian bunga melati pada bagian rambut dibuat semi 3D dengan cetakan fondant bunga 3 petal dari Sensation Unique Cutter set. Ukuran yang dipakai adalah yang paling kecil dan sedang. Setelah itu letakkan di flower former foam, dan gores ke arah luar untuk membentuk bunga melati. Susun di bagian rambut hingga berbentuk rangkaian, lalu rekatkan.
Selesai! Semoga sugar craft kita kali ini menginspirasi. Terus berkreasi, dan Ayo Baking!

IMG_0212

4 Comments

Leave a reply

CAPTCHA Image

<< back to our blog
2013 © by ayobaking.com - all materials are respectively owned by ayobaking.com